Senin, 05 Januari 2015

5 Dzikir Utama 1 Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim

Perbanyaklah dzikir membaca“Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim”.

Artinya: “Maha Suci Allah dengan segala Puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung”.

Dzikir dengan menggunakan lafal “Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim” merupakan salah satu kalimat yang banyak dianjurkan di dalam hadits-hadits Nabi Saw, antara lain sebagai berikut :

Rasulullah Saw bersabda : 
“Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan (timbangan amal hari kiamat) dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim (Maha Suci Allah dengan segala Puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung).” (HR. Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072).

Rasulullah Saw bersabda :“Sesungguhnya sebaik-baik ucapan kepada Allah SWT adalah kalimat Subhanallah wa bihamdihi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Diriwayatkan dari Abu Dzar. Rasulullah pernah ditanya“perkataan apa yang paling utama?”, Beliau menjawab, “yang dipilih oleh Allah bagi para Malaikat dan hamba-hamba-Nya, yaitu Subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dengan segala Puji bagi-Nya).” (HR. Muslim).

Rasulullah Saw bersabda : “Barang siapa mengucapkan Subhanallah wa bihamdihi seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Ibnu Umar ra meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah Saw berkata kepada para sahabatnya,“Ucapkanlah Subhanallah wa bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan, barang siapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan, barang siapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan, barang siapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya dan barang siapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya.

”Dalam Musnad Imam Ahmad diceritakan bahwa ketika menjelang ajal Rasulullah Saw, Beliau memanggil putrinya dan berkata,“Aku perintahkan engkau agar selalu mengucapkan Subhanallah wa bihamdihi, karena kalimat tersebut merupakan doa seluruh makhluk dan dengan kalimat itulah semua makhluk mendapat limpahan rezeki.”

wallahualam

17 komentar:

  1. SUBHANALLAH TERIMAKASIH ATAS PENJELASANYA PAK USTADZ

    BalasHapus
  2. Subhanallah terimakasih pak ustadz

    BalasHapus
  3. Subhanallah terimakasih pak ustadz

    BalasHapus
  4. Subhanallah wabihamdihi subhanallahil azim itu dikira satu atau dua zikirnya?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Maha Suci Allah ampe merinding bacanya

    BalasHapus
  7. Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim

    BalasHapus
  8. Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim

    BalasHapus
  9. http://fasmocis.com/

    Maha Suci ALLAH..

    BalasHapus
  10. fasmocis.wordpress.com

    http://fasmocis.com/

    Maha Suci ALLAH..

    BalasHapus
  11. Kalau baca subahanaallah hilazim, subahanaallah wabihamdihi pun boleh ke??

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah... Telah sekian lama kutinggal sholat... Pagi ini jam 02.30 kumandi dan ku lakukan sholat toubat karena artikel ini.. Ya allah... Ampunilah aku... Terima kasih pak ustad.. Air mata tak terbendung mengingat dosa2 ...subhannallah wabihamdhi..100x
    ..

    BalasHapus
  13. Subhanallah..zikir berkah dunia akhirat

    BalasHapus